Sabtu, 03 November 2012

SYURGA ITU BALASAN ATAU TUJUAN AGAMA ?


Rangkuman Penuturan Ulama Mesir, Syaikh Mutawalli Al-Sya^rawi
Mengenai Agama dan Syurga

Orang yang menaati Allah Swt dan Rasulullah SAW di dunia berarti telah menjalankan perintah-Nya, kelak ia akan masuk surga. Akan tetapi apakah masuk surga itu merupakan tujuan agama atau balasan dari agama?

Sesungguhnya surga itu adalah balasan dari agama bagi orang yang taat, sedangkan objek agama sendiri adalah perilaku manusia di dunia. Barangsiapa menjalani kehidupan ini sesuai dengan petunjuk Allah SWT dan Rasul-Nya maka balasannya adalah surga. Karenanya, kehidupan akhirat bukanlah objek agama, melainkan justru dunialah yang menjadi kajian agama. Apabila ada seseorang yang ingin memisahkan agama dan dunia, maka kami akan katakan, “Jika demikian, berarti Anda telah menjadikan dunia ini tidak memiliki tempat.”

Anda jangan pernah mengatakan bahwa tujuan dari agama itu adalah kehidupan akhirat, karena itu merupakan tempat pembalasan. Dalam hal ini kita bisa mengambil analogi seperti ini, apakah ujian itu merupakan tujuan belajar? Ataukah, proses belajar yang dijalani oleh para murid sepanjang tahun merupakan objek dari ujian?
Sesungguhnya pelajaran yang dipelajari oleh para murid adalah objek dari ujian. Demikian juga dunia adalah objek dari agama, sedangkan akhirat merupakan balasan bagi orang yang berhasil atau gagal dalam materi tersebut.
Jangan pernah mengatakan , Ini dunia dan ini agama karena tidak ada pemisah antara dunia dan agama. Dunia diciptakan sebagai objek agama. Setelah dunia itu ada barulah diciptakan kehidupan akhirat. Dunia dan akhirat diciptakan sama-sama untuk tujuan agama. Dunia tempat bercocok tanam sedangkan akhirat adalah tempat menuai hasilnya. Inilah yang dipakai untuk membantah orang yang mengatakan bahwa dunia itu terpisah dari agama.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar